Sistem pengabutan bahan Yamaha Vixion memang menggunakan system injeksi bukan karburator seperti motor kebanyakan. Nah agar performa si Vixie ini lebih yahud perlu membaca artikel Cara Setting Injeksi Yamaha Vixion dengan FI Diagnostic Tool ini…(promosi) hehehehe…
FI DIAGNOSIS TOOL |
Setting injeksi pada Yamaha Vixion
berguna untuk mengatur kandungan CO ( carbonmonoksida ). Penyetelan CO
ini menentukan komposisi campuran bahan bakar dengan udara. Sebelum CO
diubah, perlengkapan untuk penyetelan CO ini diperlukan, seperti FI Diagnostic Tool yaitu alat untuk mensetting CO yang disambung ke konektor yang menyambung ke ICU dan Baterai.
Alat ini juga berfungsi mengetahui putaran, suhu mesin, kode kerusakan,
tegangan baterai, pengapian, kipas pendingin radiator dan mengetahui
posisi TPS.
Setelah FI Diagnostic Tool tersambung, penyetelan CO bisa dilanjutkan dengan menghidupkan FI Diagnostic Tool
dan memilih mode CO. CO disetel dalam kondisi mesin hidup. Untuk
memperkaya campuran CO harus ditambah, jika ingin memiskinkan campuran
CO maka harus dikurangi. Penyetelan CO dari -30 s/d +30, jadi totalnya
ada 60 tingkat penyetelan dimana tiap tingkat sekitar 0,005 cc bahan
bakar bertambah atau berkurang. Setting CO ini berpengaruh terhadap
performa mesin. Jika setting CO-nya tidak tepat maka motor malah menjadi
tidak bertenaga. Nah, untuk mengetahui apakah setting CO sudah tepat
ataupun belum, penambahan CO harus dilakukan secara step by step dan
motor harus dijajal di trek lurus. Jika tidak ada tanda2 si Vixie mbrebet berate setting CO sudah tepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar