Lencana Facebook

Lencana Facebook

Jumat, 09 September 2011

MEMBACA RASIO GEAR (gear ratio) studi kasus Ninja 250R April 9, 2008

Posted by yeremia in Ninja 250R.
trackback
(diadopsi dari artikel Reading Gear Ratios: Determining speed potential By: James R. Davis )
Saat kita membaca brosur motor baru biasanya tertera spesifikasi Rasio gear, misalnya seperti contoh di bawah ini
Data Rasio Gear untuk Motor Kawasaki Ninja 250R tahun 2008
Primary reduction ratio : 3,087 (71/23)
Gear ratios:
1st 2,600 (39/15)
2nd 1,789 (34/19)
3rd 1,409 (31/22)
4th 1,160 (29/25)
5th 1,000 (27/27
6th 0,893 (25/28)
Final reduction ratio 3,214 (45/14)
Overall ratio : 8,86
Red Line : 13.000 RPM
Spesifikasi ban belakang : 130/70-17 M/C
Dari data-data diatas kita dapat mengetahui Titik Rentang kecepatan dan kecepatan maksimum kendaraan secara teoretis. Misalnya kita ingin mengetahui informasi motor pada saat RPM menunjukan angka 5000. Nah nilai RPM yang menjadi input ke system transmisi adalah 1.619 RPM (5000/3,087)
Output dari sistem transmisi bergantung pada posisi gear. Miasalkan pada posisi gear 4, Output transmisinya adalah 1395 RPM (1619/1,160)
Nilai Output RPM ini akan dipengaruhi lagi oleh rasio reduksi akhir (final reduction ratio) 343 RPM (1395/3,214)
Untuk menghitung kelajuan motor ini saat gear 4 putaran mesin 5000 RPM tentulah merupakan fungsi radius (jari-jari) ban belakang 130/70-17. Lebar tapak ban 130 mm dan tinggi ban 91 mm (70% x 130) atau 3,6 inci, tentu radius keseluruhan motor adalah setengah dari diameter velg + tinggi ban di velg yakni 12,1 inci (8,5 +3,6)
Dari SD kita telah tau rumus keliling lingkaran berbasis radius. Tapi anda pasti lebih memilih langsung mengendarai motor dari pada menghitung 2 x PI x R dan mengkonversi satuan menit dan mm menjadi jam dan mil, oleh sebab itu saya buatkan rumus singkat untuk mengkonversi putaran mesin, Rasio gear final dan radius ban menjadi satuan MPH
Kelajuan (Km/jam) = (Engine RPM x Radius) / (Final Gear Ratio x 168)
Final gear ratio adalah perkalian primary Reduction, gear, dan final reduction ratio. Jadi untuk kasus diatas tadi Final gear ratio : 3,087 x 1,160 x 3,214 = 11,51
Kelajuan = (5000 x 12,1)/( 11,51 x 168)
= 60500/1,934
= 31,2 MPH
dengan cara diatas dapat kita ketahui pada saat red line 13000 gear ke 6 motor akan berada pada kelajuan 105 MPH. Hasil ini mirip dengan klaim
pihak Kawasaki bahwa motor ini bias mencapai kelajuan 100 MPH atau sekitar 160 Km/jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar